Jumat, 31 Desember 2010

PDT rute diponegoro is the most challangest adventure in my ife

Menghabiskan malam tahun baru dengan kesepian dalam keramaian bersama muda-mudi klagaran. Dan akhirnya sebelum tidur saya merenung dan mengenang akan sebuah bagian petualangan dari hidup saya (walaupun sebenarnya petualangan yang paling indah adalah yang tidak bisa diungkapkan yaitu aliran kehidupan ini yang akan berakhir saatt kita elh tiada.hihi). Dan petualangan paling menantang itu adalah PDT. PDT singkatan dari Pengembaraan Desember Tradisional yang mana merupakan kegiatan pramuka jalan kaki selama 4 hari 3 malam gan. Yaa kalau dihitung tepatnya selama 100kilometer lah. Jalan kaki gan. 


Berawal dari teman saya, saat itu diakhir bulan Desember 2007. Saya masih duduk di kelas 2 SMA di SMA N 8 Yogyakarta. PDT dilakukan dengan mengambil rute perjalanan Pangeran Diponegoro. Perjalaanan yang indah itu dimulai dari SMP (Lupa namanya pokoknya deket sama museum Diponegoro) dan berjalan kaki kearah barat laut ke arah minggir sleman dan sekitarnya. Perjalanan indah hari pertama berjalan sangat *mekso buat aku. Karena itu adalah perjalanan pengembaraan kaki yang pertama yang saya ikuti. Dengan membawa tas berisi bekal kami selama 4 hari (abot tenan padahal udah di packing sedemikian dengan bantuan mas angkatan lalu, ternyata packing aja ada metodenya dalam pengembaraan gan) sebenarnya berat bawa mantel sama minumnya sih. Jalan kaki dengan bantuan tongkat pramuka. Baru dapat setengah jam aja saya sudah *mondag-mandeg, maklum ga kebiasaan perjalanan kaki sejauh itu sih. Perjalanan pertama kami tempuh dengan agak lama karena keseringan berhenti sih. Akhirnya nyampe basecamp pertama sudah surub(maghrib gitu) Gilakkk udah berapa kilo tuh tadi.Sampe-sampe kaki saya seakan mau copot saking capeknya dan itu baru hari pertama. Sampe disana kami ishoma di salah satu SMA di daerah Minggir Sleman. Malam itu hujan sangatlah deras. Tak ada seorang dari kelurga rombongan kami ataupun sahabat atau teman yang berkunjung ke basecamp kami. Kami sangat kelaparan dan kehausan saat itu. Hujan gludug yang ngeri membuat orang2 ga ada yang berkunjung. (Lupa dapat makan darimana tapi yang jelas ga mengenyangkan jika dibanding perjalanan kami yang begitu menyita energi). Teman2 kos dan ortu ku pun khawatir dengan kami.


Akhirnya setelah pagi kami melanjutkan perjalanan kami menuju perjalanan indah selanjutnya. Jam 5 saat itu sudah siap-siap. Masalah makan pun saya lupa makannya dimana.haha. Seinget saya ada yang jualan air mineral an air hasil masak, maklum yang namanya air sangatlah dibutuhkan dalam pengembaraan indah ini. Dan akhirnya kami menempuh perjalanan menuju basecamp di SMP daerah Pengasih, melewati daerah2 pegunungan yang indah. Yang ini ni hari yang paling gila. Karena cuacanya sangat panas, saat melewati daerah sawah yang terbentang begitu luas (tanpa ada tempat buat ngeyup) saya menyimpulkan seakan sawah tiada ujung. *panas e ora kalap bahasa jawanya. Sampe2 ada diantara kami yang mampir masjid buat dimasukkan ke botolnya buat minum. Ini air mentah yang belum disterilkan. Dan dikasih *campuran apa gitu minuman biar ga bikin sakit perut. Karena air mentah bisa bikin sakit perut kita. Cobain deh kalau gak percaya. Hahaha. Masjid itu adalah satu2nya masjid yang terletak di pedesaan daerah jalan tiada ujung tadi. Kami sempat mampir buat minum dan beli soto (satu2nya tempat). Makan sepiring soto buat bareng2. Kenyanglah. Kebersamaan mereka :). Perjalanan kami tempuh jalan kaki mencoba untuk tidak sering-sering berhenti karena hanya akan membuat kami capek dan merasa jalannya jauh. Saat itu aku dan temanku sempat mengikuti perjalanan mas-mas tentara ikut-ikutan nyanyi ga jelas.Ternyata nyanyi-nyanyi ga jelas bisa bikin tambah semangat ya. Dan kami ga merasa capek ketika kami mengikuti langkah pasukan tentara itu, tapi yaa mekso/ngoyo jalannya.Dalam perjalanan pengembaraan kami tidak segan-segan beli minum di jalan *bola-bali belinya. Ataupun kami ga tanggung-tanggung minta air minum sama penduduk ketika kami benar-benar kehausan dan sedang melewati daerah yang susah menjangkau penjual air minum. Perjalanan hari kedua berakhir di bsecamp Pengasih. Lumayan nyampe basecamp 'ashar.Mantep :) Dapet makan juga dari masmas kakak angkatan. Ngobrol2 ma rombongan stembayo gojekan masak air makan bareng mreka (kangen kalian) sampe waktunya tidur. Dan kami harus berpisah antara cowok dan cewek padahal lagi seru-serunya cerita 2 rombongan saat itu. Tempat itu yang katanya angker saya sempat membaca tulisan daerah terlarang di salah satu sudut di lapangan itu. Serem juga kami bakal tidur dengan tenda di situ. Liat kanan kiri, seertinya serem. Ehhh ternyata hujan turun lagi dan tenda itu akirnya ditinggalkan. Kami tidur diemperan dari skolah itu, benar-benar diemperan depan kelas. Emperan yang pertama buat tidur saya dan teman-teman kena air hujan jadi agak malam gitu saya pindah diemperan yang lain. *serem juga suasananya. Kepikiran salah satu film yang ada di tipi deh.hehe.


Perjalanan ketiga kami masih di daerah Kulon Progo dari Pengasih hingga basecamp ketiga di salah satu lapangan di Pandak. Ya lumayan lah serasa ingin pulang dan dijemput ke Sanden tercinta. xixiixi. Jalan kaki lagi nih. Sampe di basecamp Pandak yaa disini sudah agak nyaman. Untung ortu masakin nasi bungkus buat ak dan teman2. Tpi makan disini juga udah gampang sih ga kayak sebelum2nya. Yang nengokin dari kakak angkatan juga ada, guru, ortu temen lain(di basecamp sebelumnya cuma guru dan satu dua ortu dari temen). Lumayan lah. Oh iya di perjalanan hari ketiga ini ada-ada aja yang sampe nyediain air minum di jalan kami lewat(baek bgt bapak ibu itu, tau aja kami selalu kehausan di jalanan ini). Di basecamp ini hujan lagi. Perasaan tiga malam hujan terus ya. Hari pertama pas perjalanan juga sempat hujan sampe pake mantel, capek.hihi. 


Nah ini ni perjalanan hari keempat menuju balkot(balaikota Yogyakarta tercinta). Seneng. yang ada dibenak cepet nyampe balkot nyampe rumah dan tidur karena begitu lelah, lapar dan kehausaan. Perjalanannya menantang juga ni. Pokoknya seru sampe saya capek sendiri nggambarinnya. Ya intinya juga sama jalan kaki jalan kaki jalan kaki kehausan. Singkat cerita sore itu sampe balkot juga.Weleh kalau ada upacara pembukaan ya ada penutupnya. Penutupannya lama karena harus nunggu semua anggota nyampe tempat gitu. Dan akhirnya pulang. Itu yang kami harapkan. Tapi sebelumnya ada beberapa foto bersama temen2 rombongan delayota. 
Ini ni fotonya



Anak-anak Pakci sedang kecapekan setelah melakukan perjalanan panjang dan penuh tantangan ini
Kangen kalian
Dimana kalian sekarang???
Unforgetable experience with u all guys
Miss U
PDT have made my life more colourful and i just wanna say the beautiful challange :)

Hidup PDT
Budayakan Jalan Kaki
Demi Kesehatan
hehe

Sabtu, 25 Desember 2010

Filsafatnya Tembang Macapat

Pada kesempatan ini, saya akan memaparkan sedikit pengetahuan yang saya dapat ketika saya masih duduk di Sekolah Dasar.Guru Bahasa Jawa saya memberikan pengetahuan yang menurut saya lucu dan unik bahwa ternyata tembang macapat itu ada filsafatnya ya?
Tembang macapat sendiri asal usulnya ketika jaman wali songo.
Adapun macam dari tembang macapat ini adalah :


  1. Maskumambang : (kumambang : kerampul) terapung, manusia yang masih dalam gua garba nya seorang ibu
  2. Mijil(lahir, mbrojol) : kita terlahir di bumi ini
  3. Sinom(isih enom) : manusia yang masih muda seperti anak kecil yang baru tahu entang dunia
  4. Kinanthi(nama bunga) : baru senang-senangnya cari ilmu maupun pekerjaan
  5. Asmarandhana : dari asal kata asmara (kasmaran) dan dahana(geni/api). orang yang sedang jatuh cinta
  6. Gambuh(jumbuh/sawiji :dadi siji ) : komitment dalam membuat keluarga
  7. Dhandanggula : gula (manis), hidup yang sudah manis, mapan, mulyo
  8. Durma : dari kata darma, sedekah
  9. Pangkur : dari kata mungkur, menjauhi larangan Tuhan
  10. Megatruh: megat + ruh : pisah nyawa
  11. Pocung : jadi pocong
Nah, itulah sedikit tentang makna dibalik judul lagu macapat. Kalo dihayati asal usulnya, keren kan? Gak kalah lah sama lagu2 Indonesia jaman sekarang yang notabennya kurang mengandung makna. Tetapi tembang  macapat ini penuh makna dan dengan aturan yang jelas bukan asal kreasi.

Selasa, 07 Desember 2010

Jogja-Yogyakarta-My Lovely Jogja !

Jogja, never ending jogja !
Saya terlahir di jogja,sejak kecil tinggal di jogja. 
Jogja adalah kehidupanku.
Suka dukaku ada disini.
Dan ini sbuah lagu yang mnurut saya pas menggambarkan keadaan jogja trutama ke-khas-an yang membuat jogja selalu dikenang dan dikangeni :)
see this video guys :)
Jogjakarta/Yogyakarta (My Home Sweet Home) -Kla-Project

Dan ini saya cantumkan liriknya


Intro: D   Bm   F#m   G   A   D (2x)

D              Bm        F#m
Pulang ke kotamu
            G                   D           Bm   F#m   G
Ada setangkup haru dalam rindu
D               Bm     F#m
Masih seperti dulu
           G                         D 
Tiap sudut menyapaku bersahabat
    Bm                   F#m   G  Em
Penuh selaksa makna
                 G                   D   Bm
Terhanyut aku akan nostalgia
     Fm              G               A
Saat kita sering luangkan waktu
G                A         Em         D
Nikmati bersama suasana Yogya
     G                             D            Bm   F#m
Di persimpangan langkahku terhenti
D          Bm     F#m      G                            D         
Ramai kaki lima menjajakan sajian khas berselera
   Bm                F#m  
Orang duduk bersila
     A         G                       D   Bm
Musisi jalanan mulai beraksi
    Fm                 G         A
Seiring laraku kehilanganmu
    Bm        Fm      G        A        D    
Merintih sendiri, ditelan deru kotamu
D                       Bm       F#m   G
Walau kini kau t’lah tiada tak kembali
             D                Bm                 F#m  G
Namun kotamu hadirkan senyummu abadi
         D                            Bm            F#m   G
Izinkanlah aku untuk s’lalu pulang lagi

Int: D   Bm   F#m   G   A   D  Fm  G   D (2x)

Kembali ke: *

Kamis, 25 November 2010

My First Experience In Blogging

I like everything about mathematics and also about IT, especially in finding something i wanna get. But this is my first experience in blogging. So, sorry my blog is not perfect enough. But I'll try to be the best for my writing. Wait for my next writing guys. :)